Thursday, March 12, 2015

Silabus Tafsir Tarbawi




Mata Kuliah
:
Tafsir Tarbawi
Kode
:
MKK
Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan
:
Tarbiyah
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester
:
VI (Enam)
Mata Kuliah Prasyarat
:

Standar Kompetensi
:
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan dalam menggali nilai-nilai dan konsep pendidikan dalam Al-Qur’an dengan menafsirkan ayat-ayat yang membahas tentang Allah, manusia dan alam serta hubungan yang terapat di dalamnya agar menjadi pribadi muslim yang memiliki wawasan luas tentang pendidikan Islam dan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Kompetensi Dasar
:
1.         Menjelaskan ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang pendidikan
2.         Menggambarkan konsep pendidikan Islam berdasarkan ayat-ayat al-Quran
3.         Menganalisa hubungan antara Allah sebagai pencipta dengan manusia sebagai ciptaannya

Indikator
:
1.         Mahasiswa mampu menjelaskan ayat-ayat Al-Quran yang membahas tentang pendidikan
2.         Mahasiswa mampu menggambarkan konsep pendidikan Islam dari ayat-ayat al-Quran
3.         Mahasiswa mampu menganalisa hubungan antara Allah sebagai pencipta dengan manusia sebagai ciptaannya

Deskripsi Mata Kuliah
:
Matakuliah Tafsir Tarbawi  merupakan kelanjutan matakuliah Tafsir yang membahas tentang  ayat-ayat Al-Quran dengan memfokuskan secara lebih spesifik ayat-ayat yang membahas tentang pendidikan dalam Islam dan hal-hal yang terkait dengannya seperti pembahasan tentang hakekat Allah sebagai pencipta dan manusia serta alam semesta sebagai ciptaannya di mana kedua hal ini merupakan pokok-pokok ajaran Islam dan menjadi dasar yang sangat penting dalam merumuskan konsep pendidikan Islam.

Materi Pokok Perkuliahan
:
1.       Kontrak Perkuliahan
2.       Sejarah Perkembangan Tafsir
3.       Tafsir dan Ta’wil
4.       Metodologi Tafsir
5.       Corak-corak Tafsir
6.       Tafsir Ayat-ayat Al-Quran tentang Allah
7.       Tafsir Ayat-Ayat Al-Quran tentang Manusia
8.       Tafsir Ayat-Ayat al-Quran  tentang Alam
9.       Tafsir Ayat-ayat al-Quran tentang ilmu pengetahuan
10.   Tafsir Ayat-ayat Al-Qur’an tentang kurikulum pendidikan
11.   Tafsir ayat-ayat Al-Qur’an tentang subyek pendidikan
12.   Tafsir ayat-ayat al-Qur’an tentang objek pendidikan
13.   Tafsir ayat-ayat al-Qur’an tentang metode pembelajaran
14.   Tafsir ayat-ayat al-Qur’an tentang  tujuan Pendidikan

Pendekatan Pembelajaran
:
1.      Presentasi
2.      Diskusi kelompok
3.      Tanya jawab
4.      Evaluasi dan penugasan

Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.    Tugas          : 25 %
2.    Kehadiran  : 25 %
2.    UTS               : 25 %
3.    UAS               : 25 %

Total          : 100%

Buku Sumber
:
Referensi:
1.      Buku-buku Tafsir
2.      M. Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Cet. XI; Bandung: Mizan, 1416 H./1995 M.).
3.      M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`i atas Pelbagai Persoalan Umat (Cet. V; Bandung: Mizan, 1417 H./1997 M.).
4.      Fazlur Rahman, Major Themes of the Qur’an, diterjemahkan oleh Anas Mahyuddin dengan judul Tema Pokok Al-Qur’an (Cet. I; Bandung: Pustaka, 1403 H./1983 M.).
5.      Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an (Cet. I; Yogyakarta: LPPI, 1999).
6.      Abuddin Nata, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy) (Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002).
7.      Prof. Dr. Abdul Mujib dan Dr. Jusuf Mudzakkir, M.Si, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. Ketiga, Kencana Prenada Media, April 2010.
8.      Dr. Abdul Hamid As-Shayd Al-Zantani, Falsafat At-Tarbiyah Al-Islamiyyah fil Qur’ani Wassunnah, Cet. Kesatu, Ad-Darul ’Arabiyyah Lil Kitab, 1993.






No comments:

Post a Comment