Mata
Kuliah
|
:
|
Tafsir
Tarbawi
|
Kode
|
:
|
MKK
|
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Program
Studi
|
:
|
Pendidikan
Agama Islam (PAI)
|
Semester
|
:
|
VI (Enam)
|
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa
memiliki kemampuan dalam menggali nilai-nilai
dan konsep pendidikan dalam Al-Qur’an dengan menafsirkan ayat-ayat yang membahas
tentang Allah, manusia dan alam serta hubungan yang terapat di dalamnya agar
menjadi pribadi muslim yang memiliki wawasan luas tentang pendidikan Islam
dan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.
Menjelaskan ayat-ayat Al-Quran yang
membahas tentang pendidikan
2.
Menggambarkan konsep pendidikan Islam berdasarkan
ayat-ayat al-Quran
3.
Menganalisa hubungan antara Allah sebagai
pencipta dengan manusia sebagai ciptaannya
|
Indikator
|
:
|
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan ayat-ayat
Al-Quran yang membahas tentang pendidikan
2.
Mahasiswa mampu menggambarkan konsep
pendidikan Islam dari ayat-ayat al-Quran
3.
Mahasiswa mampu menganalisa hubungan antara
Allah sebagai pencipta dengan manusia sebagai ciptaannya
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah Tafsir Tarbawi merupakan kelanjutan matakuliah Tafsir yang
membahas tentang ayat-ayat Al-Quran
dengan memfokuskan secara lebih spesifik ayat-ayat yang membahas tentang
pendidikan dalam Islam dan hal-hal yang terkait dengannya seperti pembahasan
tentang hakekat Allah sebagai pencipta dan manusia serta alam semesta sebagai
ciptaannya di mana kedua hal ini merupakan pokok-pokok ajaran Islam dan
menjadi dasar yang sangat penting dalam merumuskan konsep pendidikan Islam.
|
Materi
Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Kontrak Perkuliahan
2.
Sejarah Perkembangan Tafsir
3.
Tafsir dan Ta’wil
4.
Metodologi Tafsir
5.
Corak-corak Tafsir
6.
Tafsir Ayat-ayat
Al-Quran tentang Allah
7.
Tafsir Ayat-Ayat Al-Quran tentang Manusia
8.
Tafsir Ayat-Ayat al-Quran tentang Alam
9. Tafsir
Ayat-ayat al-Quran tentang ilmu pengetahuan
10. Tafsir
Ayat-ayat Al-Qur’an tentang kurikulum
pendidikan
11. Tafsir
ayat-ayat Al-Qur’an tentang subyek pendidikan
12. Tafsir
ayat-ayat al-Qur’an tentang objek pendidikan
13. Tafsir
ayat-ayat al-Qur’an tentang metode pembelajaran
14. Tafsir
ayat-ayat al-Qur’an tentang tujuan Pendidikan
|
Pendekatan
Pembelajaran
|
:
|
1. Presentasi
2. Diskusi
kelompok
3. Tanya
jawab
4. Evaluasi
dan penugasan
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Tugas : 25 %
2. Kehadiran : 25 %
2. UTS
: 25 %
3. UAS :
25 %
Total : 100%
|
Buku Sumber
|
:
|
Referensi:
1. Buku-buku Tafsir
2. M. Quraish
Shihab, Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan
Masyarakat (Cet. XI; Bandung: Mizan, 1416 H./1995 M.).
3. M. Quraish
Shihab, Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`i atas Pelbagai Persoalan Umat
(Cet. V; Bandung: Mizan, 1417 H./1997 M.).
4. Fazlur
Rahman, Major Themes of the Qur’an, diterjemahkan oleh Anas Mahyuddin
dengan judul Tema Pokok Al-Qur’an (Cet. I; Bandung: Pustaka, 1403
H./1983 M.).
5. Yunahar
Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an
(Cet. I; Yogyakarta: LPPI, 1999).
6. Abuddin
Nata, Tafsir Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy) (Cet.
I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002).
7. Prof. Dr.
Abdul Mujib dan Dr. Jusuf Mudzakkir, M.Si, Ilmu Pendidikan Islam, Cet.
Ketiga, Kencana Prenada Media, April 2010.
8. Dr. Abdul
Hamid As-Shayd Al-Zantani, Falsafat At-Tarbiyah Al-Islamiyyah fil Qur’ani
Wassunnah, Cet. Kesatu, Ad-Darul ’Arabiyyah Lil Kitab, 1993.
|
|
|
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIINDO JAKARTA JL. I GUSTI NGURAH RAI NO. 39 BULAK KLENDER JAKARTA TIMUR TELP. 021 8661 5393
Thursday, March 12, 2015
Silabus Tafsir Tarbawi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment