Mata Kuliah
|
:
|
Sejarah Peradaban Islam
|
Kode
|
:
|
|
Bobot SKS
|
:
|
3 SKS
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Semester
|
:
|
III (Tiga)
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan
dalam menjelaskan gambaran sejarah peradaban Islam
sepanjang sejarah dan memberikan solusi atau pemecahan alternatif bagi
kemajuan peradaban Islam di masa mendatang.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menjelaskan
definisi Sejarah Peradaban Islam.
2.
Menjelaskan
dinamika politik, sosial dan keagamaan serta ilmu pengetahuan sepanjang
sejarah peradaban Islam.
3.
Menganalisa
latar belakang dan sebab-sebab yang mengakibatkan maju dan mundurnya peradaban
Islam sepanjang sejarah.
4.
Memberikan
solusi atau pemecahan alternatif bagi kemajuan peradaban Islam di masa
mendatang.
|
Indikator
|
:
|
1.
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi Sejarah Peradaban Islam.
2.
Mahasiswa
mampu menjelaskan dinamika politik, sosial dan keagamaan serta ilmu
pengetahuan sepanjang sejarah peradaban Islam.
3.
Mahasiswa
mampu menganalisa latar belakang dan sebab-sebab yang mengakibatkan maju dan
mundurnya peradaban Islam sepanjang sejarah.
4.
Mahasiswa
mampu memberikan solusi atau pemecahan alternatif bagi kemajuan peradaban
Islam di masa mendatang.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah
ini adalah Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) yang berbobot 2 SKS
yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang hadis-hadis yang
berkaitan dengan pendidikan.
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Kontrak
Perkuliahan
2. Peradaban Arab
sebelum Islam
3. Peradaban Islam
masa Rasul
4. Peradaban Islam
pada masa Khulafaurrasyidin
5. Peradaban Islam
pada masa Bani Umayyah
6. Peradaban Islam
pada masa Bani Abbasiyah
7. UTS
8. Peradaban Islam
pada masa Tiga Kerajaan Besar
9. Peradaban Islam
pada masa Turki Usmani
10. Peradaban Islam
pada masa Dinasti Shafawiyah
11. Peradaban Islam
pada masa Dinasti Mughal
12. Peradaban Islam di
Spanyol
13. Peradaban Islam di
Indonesia
14. UAS
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
1. Presentasi
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4. Evaluasi dan
penugasan
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1. Tugas : 25 %
2.
Kehadiran : 25 %
2. Midtes : 25 %
3. UAS : 25 %
Total
: 100%
|
Buku Sumber
|
:
|
Referensi:
1. Muhammad Ash-Shalabi, Ali. Bangkit &
Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2004.
2. Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari
berbagai Aspeknya. Jilid I, cetakan kelima. Jakarta: UI Press, 198.
3. Sou’yb, Joesoef. Sejarah Daulat Khulafaur
Rasyidin. Jakarta: Bulan Bintang, 1972
4. Sou’yb, Joesoef. Sejarah Daulat Umayyah.
Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
5. Sou’yb, Joesoef. Sejarah Daulat Abbasiah.
Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
6. Stryzewska, Bojena Gajane. Tarikh
al-Daulat al-Islamiyah. Beirut: Al Maktab Al-Tijari, tanpa tahun.
7. Suyuthi, Imam. Tarikh Khulafa. Jakarta:
Pustaka Al Kautsar, 2006.
8. Syalabi, A. Sejarah dan Kebudayaan Islam,
Jilid I. Jakarta: Pustaka Alhusna, 1987, cet. V.
9. Watt, W. Montgomery. Kejayaan Islam:
Kajian Kritis dari Tokoh Orientalis. Yogyakarta: Tiara Wicana Yogya, 1990.
10. Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam,
Dirasah Islamiyah II, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIINDO JAKARTA JL. I GUSTI NGURAH RAI NO. 39 BULAK KLENDER JAKARTA TIMUR TELP. 021 8661 5393
Tuesday, March 10, 2015
Silabus Sejarah dan Peradaban Islam
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment