Mata Kuliah
|
:
|
Bimbingan dan Konseling
|
Kode
|
:
|
|
Bobot SKS
|
:
|
3 SKS
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Semester
|
:
|
VI (Enam)
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa mampu memahami urgensi bimbingan dan konseling di sekolah, memahami
konsep bimbingan dan mampu menerapkan layanan bimbingan di sekolah serta
mahasiswa mampu mengkonsep bentuk bimbingan yang akan dilaksanakan di
sekolah.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menjelaskan
definisi Bimbingan dan Konseling
2.
Menjelaskan
pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah
3.
Menganalisa
implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah
4.
Mengonsep
bentuk bimbingan yang bisa diterapkan di sekolah.
|
Indikator
|
:
|
1.
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi Bimbingan dan Konseling
2.
Mahasiswa
mampu menjelaskan pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah
3.
Mahasiswa
mampu menganalisa implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di
sekolah
4.
Mahasiswa
mampu mengonsep bentuk bimbingan yang bisa diterapkan di sekolah.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini adalah Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
yang berbobot 2 SKS yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep
bimbingan dan konseling yang sudah dan mungkin bisa diterapkan di sekolah.
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Kontrak
Perkuliahan
2. Konseling sebagai
hubungan membantu
3. Urgensi bimbingan
dan konseling di sekolah
4. Program bimbingan
dan konseling di sekolah
5.
Sasaran dan Lingkup
Pelayanan Bimbingan dan Konseling
6.
Profesional dalam
Bimbingan dan Konseling
7. UTS
8. Konseling Kelompok
9. Peran dan Hubungan
bimbingan dan konseling
10. Pola-pola,
koordinasi dan administrasi bimbingan dan konseling
11. Teori tentang
bimbingan dan konseling
12. Langkah-langkah dan
teknik konseling
13. Kriteria dan
langkah-langkah evaluasi program
14.
UAS
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
1. Presentasi
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4.
Evaluasi dan penugasan
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1. Tugas : 25 %
2. Kehadiran
: 25 %
2. Midtes : 25 %
3. UAS : 25 %
Total
: 100%
|
Buku Sumber
|
:
|
1.
Thohirin, 1997. BK di Sekolah dan Madrasah. Rajawali Press
2.
Abu Ahmadi. 1991. BK di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
3.
Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
4.
Brown, D. & Trusty, J. (2005). Designing and Leading Comprehensive
School Counseling Programs; Promoting Student Competence and Meeting Student
Needs, USA: Thomson Brookscole.
5.
Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling and Guidance ; A Comprehensive School
Approach. USA : McGraw-hill.
6.
Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in
elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.
7.
Uman Suherman AS dan Dadang Sudrajat. 2000. Manajemen Layanan BK di Sekolah. Bandung: Publikasi Jurusan PPB
FIP IKIP.
8.
Schmidt, J. J. (2008). Counseling in Schools; Comprehensive Programs of
Responsive Services for All Students, Boston: Pearson
9.
Sciarra, D. T. (2004). School Counseling; Foundations and
Contemporary Issues, USA: Thomson
Brookscole
10.
Buku-buku sumber lainnya yang relevan dengan materi perkuliahan
|
|
|
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIINDO JAKARTA JL. I GUSTI NGURAH RAI NO. 39 BULAK KLENDER JAKARTA TIMUR TELP. 021 8661 5393
Sunday, March 15, 2015
Silabus Bimbingan dan Konseling
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment