Mata Kuliah
|
:
|
Akhlak Tasawuf
|
Kode
|
:
|
|
Bobot SKS
|
:
|
3 SKS
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Semester
|
:
|
III (Tiga)
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan
mahasiswa memiliki kemampuan dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan cara-cara
yang bisa dilakukan dalam meningkatkan akhlak tasawuf dan mampu
mempraktekkannya dalam kehidupannya sehari-hari.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Memiliki wawasan tentang akhlak tasawuf dan
hal-hal yang berhubungan dengannya
2.
Memiliki pemahaman tentang metode peningkatan
akhlak tasawuf
3.
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai akhlak
tasawuf dalam kehidupan sehari-hari
|
Indikator
|
:
|
1.
Mahasiswa mampu menguraikan definisi akhlak
tasawuf dan hal-hal yang berhubungan dengannya
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang metode
peningkatan akhlak tasawuf
3.
Mahasiswa mampu mengimplementasikan nilai-nilai
akhlak tasawuf dalam kehidupan sehari-hari
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Akhlak Tasawuf merupakan matakuliah yang
menyajikan materi-materi mulai dari pengertian akhlak dan istilah-istilah
yang berdekatan dengan itu, unsur-unsur manusia, aliran-aliran dalam akhlak, macam-macam
akhlak, metode peningkatan kualitas akhlak, sampai pada tasawuf.
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Definisi Akhlak, Tasawuf, Persamaan dan Perbedaan serta Hubungan
Keduanya
2.
Persamaan, dan Perbedaan serta Keterkaitan Akhlak dengan Etika,
Moral, Kesusilaan, Kesopanan
3.
Jenis-jenis Akhlak, dan Sistem Penilaiannya serta Baik Buruk
Menurut Ajaran Islam
4.
Keburukan Akhlak: Faktor Penyebab, Dampak
dan Upaya Penanggulangannya
5.
Akhlak Mulia: Faktor Penyebab, Metode
Pengembangan dan Dampaknya
6.
Mengkonstruk Masyarakat Liberal Berbasik
Akhlak Karimah
8.
UTS
9.
Tarekat
Para Sufi Untuk Sampai Kepada Allah
10. Persamaan
dan Perbedaan Tasawuf Akhlaqi, Irfani dan Falsafi
11. Tasawuf
Sebagai Media Meraih Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual
12. Tasawuf
Sebagai Media Memajukan Peradaban Manusia
13. Tasawuf
Sebagai Media Mewujudkan Masyarakat Sehat, Aman, Makmur, Sejahtera dan
Bahagia
14. Internalisasi
Akhlak Tasawuf dalam matapelajaran di Sekolah Sebagai Paradigma Baru
Pendidikan
15. Mewujudkan
Kepemimpinan Sukses Berbasik Tasawuf (Paradigma Baru di Era Kontemporer
16.
UAS
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
1. Presentasi
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4.
Evaluasi dan penugasan
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1.
Tugas
: 25 %
2.
Kehadiran
: 25 %
3.
Midtes
: 25 %
4.
UAS
: 25 %
Total
: 100%
|
Buku Sumber
|
:
|
Referensi:
1.
Syeikh Abd. Qadir
al-Jailani, Sirru al-Asror fi ma Yahtaju Ilaihi al-Abror
2.
Syeikh Dhiyauddin Ahmad, Jami’ al-Ushul
fi al-Auliya’ wa Anwa’ihim
3.
Harun Nasution, Falsafat dan Mistisisme
dalam Islam (1973)
4.
Laleh Bakhtiar, Sufi: Expressions of the Mystic Quest (1976)
5.
Syeikh Hakim Abu Abdullah Mu’inuddin Chisyti, The Book of
Sufi Healing (1991)
6.
Ahmad Najib Burhani, Sufisme Kota: Berpikir Jernih Menemukan
Spiritualitas Positif (2001)
7.
H.M. Amin Syukur, Menggugat Tasawuf (2002)
8.
Sudirman Tebba, Tasawuf Positif (2003)
9.
Hasan Hanafi, Islamologi: Dari
Teosentrisme ke Antroposentrisme (2004)
10. Solihin, Melacak
Pemikiran Tasawuf (2005)
11. Said Aqil
Siroj, Tasawuf Sebagai Kritik Sosial (2006)
12. Mahjuddin, Akhlak
Tasawuf (2009)
13. Abuddin
Nata, Akhlak Tasawuf (2010)
14. Dahlan
Tamrin, Tasawuf Irfani (2010)
15. Djoko
Hartono, Leadership: Kekuatan Spiritualitas Para Pemimpin Sukses
(2011),
16. Referensi
lainnya yang relevan.
|
|
|
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIINDO JAKARTA JL. I GUSTI NGURAH RAI NO. 39 BULAK KLENDER JAKARTA TIMUR TELP. 021 8661 5393
Friday, March 13, 2015
Silabus Akhlak Tasawuf
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment