Mata Kuliah
|
:
|
Diagnostik Kesulitan Belajar
|
Kode
|
:
|
|
Bobot SKS
|
:
|
3 SKS
|
Jurusan
|
:
|
Tarbiyah
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Semester
|
:
|
III (Tiga)
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengkaji kosep dan
teknik mengatasi anak dalam kesulitan belajar.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menjelaskan
definisi Diagnostik Kesulitan Belajar
2.
Menjelaskan
konsep diagnostik kesulitan belajar siswa
3.
Menganalisa
teknik yang diterapkan dalam mendiagnosa kesulitan belajar siswa
4.
Memberikan
solusi atau pemecahan alternatif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.
|
Indikator
|
:
|
1.
Mahasiswa
mampu menjelaskan definisi Diagnostik Kesulitan Belajar
2.
Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep diagnostik kesulitan belajar siswa
3.
Mahasiswa
mampu menganalisa teknik yang diterapkan dalam mendiagnosa kesulitan belajar
siswa
4.
Mahasiswa
mampu memberikan solusi atau pemecahan alternatif dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah ini merupakan matakuliah keahlian (MKK) yang
memfokuskan materi perkuliahannya pada masalah konsep diagnostik kesulitan
belajar siswa dan bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa
dalam masalah kesulitan belajar.
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Kontrak
Perkuliahan
2. Pengertian Diagnostik Kesulitan Belajar
3. Konsep diagnostik kesulitan belajar
4. Keadaan kesulitan belajar
5. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
6. Latar belakang kesulitan belajar
7. UTS
8. Koordinasi dengan orang tua siswa dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa
9. Cara mengatasi anak yang mengalamai kesulitan
membaca
10. Cara Mengatasi Anak yang mengalami kesulitan
Berhitung (Dileksia)
11. Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar
12. Penggunaan multimedia dalam membantu
penyelesaian masalah kesulitan belajar siswa
13. Memanfaatkan
teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah kesulitan belajar siswa.
14.
UAS
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
1. Presentasi
2. Diskusi kelompok
3. Tanya jawab
4. Evaluasi dan penugasan
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1. Tugas : 25 %
2. Kehadiran
: 25 %
2. Midtes
: 25 %
3. UAS : 25 %
Total
: 100%
|
Buku Sumber
|
:
|
1.
Hidayat,
2002. Diagnosa Kesulitan Belajar Al Qur’an Hadits dan Pelaksanaan Remedial
Teaching pada Siswa MIM Kranggan Manisrenggo.
3.
Ischak W
dan Wardji R, 1982. Kegiatan Perbaikan dalam Proses Belajar Mengajar.Yogyakarta
: FIP, IKIP.
|
|
|
4. Referensi lain yang
relevan
|
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAIINDO JAKARTA JL. I GUSTI NGURAH RAI NO. 39 BULAK KLENDER JAKARTA TIMUR TELP. 021 8661 5393
Sunday, March 15, 2015
Silabus Diagnostik Kesulitan Belajar
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment