Sunday, March 15, 2015

Silabus Diagnostik Kesulitan Belajar


Mata Kuliah
:
Diagnostik Kesulitan Belajar
Kode
:

Bobot SKS
:
3 SKS
Jurusan
:
Tarbiyah
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester
:
III (Tiga)
Mata Kuliah Prasyarat
:

Standar Kompetensi
:
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengkaji kosep dan teknik mengatasi anak dalam kesulitan belajar.

Kompetensi Dasar
:
1.         Menjelaskan definisi Diagnostik Kesulitan Belajar
2.         Menjelaskan konsep diagnostik kesulitan belajar siswa
3.         Menganalisa teknik yang diterapkan dalam mendiagnosa kesulitan belajar siswa
4.         Memberikan solusi atau pemecahan alternatif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.
Indikator
:
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Diagnostik Kesulitan Belajar
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep diagnostik kesulitan belajar siswa
3.      Mahasiswa mampu menganalisa teknik yang diterapkan dalam mendiagnosa kesulitan belajar siswa
4.      Mahasiswa mampu memberikan solusi atau pemecahan alternatif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Matakuliah ini merupakan matakuliah keahlian (MKK) yang memfokuskan materi perkuliahannya pada masalah konsep diagnostik kesulitan belajar siswa dan bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa dalam masalah kesulitan belajar.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.       Kontrak Perkuliahan
2.       Pengertian  Diagnostik Kesulitan Belajar
3.       Konsep diagnostik kesulitan belajar
4.       Keadaan kesulitan belajar
5.       Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
6.       Latar belakang kesulitan belajar
7.       UTS
8.       Koordinasi dengan orang tua siswa dalam mengatasi kesulitan belajar siswa
9.       Cara mengatasi anak yang mengalamai kesulitan membaca
10.   Cara Mengatasi Anak yang mengalami kesulitan Berhitung (Dileksia)
11.   Kesulitan Belajar dan Bimbingan Belajar
12.   Penggunaan multimedia dalam membantu penyelesaian masalah kesulitan belajar siswa
13.   Memanfaatkan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah kesulitan belajar siswa.
14.   UAS
Pendekatan Pembelajaran
:
1.      Presentasi
2.      Diskusi kelompok
3.      Tanya jawab
4.      Evaluasi dan penugasan

Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.   Tugas         : 25 %
2.   Kehadiran  : 25 %
2.   Midtes        : 25 %
3.   UAS           : 25 %
      Total          : 100%
Buku Sumber
:
1.      Hidayat, 2002. Diagnosa Kesulitan Belajar Al Qur’an Hadits dan Pelaksanaan Remedial Teaching pada Siswa MIM Kranggan Manisrenggo.
3.      Ischak W dan Wardji R, 1982. Kegiatan Perbaikan dalam Proses Belajar Mengajar.Yogyakarta : FIP, IKIP.


4.      Referensi lain yang relevan



No comments:

Post a Comment