Sunday, March 15, 2015

Silabus Bimbingan dan Konseling


Mata Kuliah
:
Bimbingan dan Konseling
Kode
:

Bobot SKS
:
3 SKS
Jurusan
:
Tarbiyah
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester
:
VI (Enam)
Mata Kuliah Prasyarat
:

Standar Kompetensi
:
Mahasiswa mampu memahami urgensi bimbingan dan konseling di sekolah, memahami konsep bimbingan dan mampu menerapkan layanan bimbingan di sekolah serta mahasiswa mampu mengkonsep bentuk bimbingan yang akan dilaksanakan di sekolah.

Kompetensi Dasar
:
1.         Menjelaskan definisi Bimbingan dan Konseling
2.         Menjelaskan pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah
3.         Menganalisa implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah
4.         Mengonsep bentuk bimbingan yang bisa diterapkan di sekolah.
Indikator
:
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan definisi Bimbingan dan Konseling
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya bimbingan dan konseling di sekolah
3.      Mahasiswa mampu menganalisa implementasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan di sekolah
4.      Mahasiswa mampu mengonsep bentuk bimbingan yang bisa diterapkan di sekolah.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini adalah Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) yang berbobot 2 SKS yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep bimbingan dan konseling yang sudah dan mungkin bisa diterapkan di sekolah.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.       Kontrak Perkuliahan
2.       Konseling sebagai hubungan membantu
3.       Urgensi bimbingan dan konseling di sekolah
4.       Program bimbingan dan konseling di sekolah
5.       Sasaran dan Lingkup Pelayanan Bimbingan dan Konseling
6.       Profesional dalam Bimbingan dan Konseling
7.       UTS
8.       Konseling Kelompok
9.       Peran dan Hubungan bimbingan dan konseling
10.   Pola-pola, koordinasi dan administrasi bimbingan dan konseling
11.   Teori tentang bimbingan dan konseling
12.   Langkah-langkah dan teknik konseling
13.   Kriteria dan langkah-langkah evaluasi program
14.   UAS
Pendekatan Pembelajaran
:
1.      Presentasi
2.      Diskusi kelompok
3.      Tanya jawab
4.      Evaluasi dan penugasan
Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.   Tugas         : 25 %
2.   Kehadiran  : 25 %
2.   Midtes        : 25 %
3.   UAS           : 25 %
      Total          : 100%
Buku Sumber
:
1.    Thohirin, 1997. BK di Sekolah dan Madrasah. Rajawali Press
2.    Abu Ahmadi. 1991. BK di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
3.    Ahmad Juntika Nurihsan. 2005. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
4.    Brown, D. & Trusty, J. (2005). Designing and Leading Comprehensive School Counseling Programs; Promoting Student Competence and Meeting Student Needs, USA: Thomson Brookscole.
5.    Dinkmayer, Don, and Caldwell Edison. 1970. Developmental Counseling  and Guidance ; A Comprehensive School Approach. USA : McGraw-hill. 
6.    Muro, J James and Kotman, Ferry. 1995. Guidance and Counseling in elementary School and Middle School. USA : McGraw-hill.
7.    Uman Suherman AS dan Dadang Sudrajat. 2000. Manajemen Layanan BK  di Sekolah. Bandung: Publikasi Jurusan PPB FIP IKIP.
8.    Schmidt, J. J. (2008). Counseling in Schools; Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students, Boston: Pearson
9.    Sciarra, D. T. (2004). School Counseling; Foundations and Contemporary  Issues, USA: Thomson Brookscole
10.        Buku-buku sumber lainnya yang relevan dengan materi perkuliahan







No comments:

Post a Comment