Sunday, March 29, 2015

Silabus Aplikasi Komputer


Mata Kuliah
:
Aplikasi Komputer
Kode
:

Bobot SKS
:
3 SKS
Jurusan
:
Tarbiyah
Program Studi
:
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester
:
II (Dua)
Mata Kuliah Prasyarat
:

Standar Kompetensi
:
Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep berbagai aplikasi komputer, memiliki keterampilan dalam menjalankan berbagai aplikasi komputer serta mampu mengaplikasikan aplikasi komputer dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Kompetensi Dasar
:
1.      Mengenal dan memahami perangkat keras dan lunak komputer.
2.      Mengoperasikan komputer berdasarkan sistem kerja komputer, variabe! dan flowchart yang digunakan.
3.      Mengaplikasikan sistem komputer untuk menunjang aktivitas dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Indikator
:
1.      Mahasiswa mengenal dan memahami perangkat keras dan lunak komputer.
2.      Mahasiswa mampu mengoperasikan komputer berdasarkan sistem kerja komputer, variabe! dan flowchart yang digunakan.
3.      Mahasiswa mampu mengaplikasikan sistem komputer untuk menunjang aktivitas dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Matakuliah yang membekali mahasiswa tentang pemahaman dan kemampuan aplikatif terhadap komputer yang mencakup materi tentang hakikat teknologi informasi dan komunikasi, pengantar komputer, software dan hardware komputer, aplikasi pengolah data (word processing), aplikasi pengolah angka (spreadsheet), aplikasi desain Grafis, aplikasi multimedia presentasi, aplikasi multimedia interaktif (flash & director), aplikasi pengolah video (video producting), aplikasi internet, dan aplikasi pembuatan web.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.       Kontrak Perkuliahan
2.       Hardware Komputer
3.       Software Komputer
4.       Sistem Operasi
5.       Microsoft Office
6.       Word Processing
7.       UTS
8.       Spread Sheet
9.       Aplikasi Pengolahan Grafis
10.   Aplikasi Multimedia Presentasi
11.   Aplikasi Multimedia Interaktik dan Animasi
12.   Aplikasi Pengolah Video
13.   Aplikasi Internet dan Pembuatan Website
14.   UAS
Pendekatan Pembelajaran
:
1.      Presentasi
2.      Diskusi kelompok
3.      Tanya jawab
4.      Evaluasi dan penugasan
Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1.  Tugas         : 25 %
2.  Kehadiran  : 25 %
2.  Midtes        : 25 %
3.  UAS           : 25 %
     Total          : 100%
Buku Sumber
:
Referensi:
1.      Gordon.   Davis   B  (1992)    Management  Information  System,   Conceptual  Foundation.
2.      Structure and Development. Tokyo. Mc.Graw Hill Kogo Kuska, Ltd.
3.      David Crunke (1995). Operating System. New York. Mc-Graw Hill.
4.      Williams    O'ieary    (1989).    Computers   &    Information    Systems.    2nd.    Edition.    The Benjamins/Commings Publishing Company Inc.
5.      Cepi Riyana (2010). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Penerbit PT. IMTIMA, Bandung.
6.      Cepi Riyana (2011). Aplikasi Teknologi Informasi dan komunikasi dalam Pembelajaran. Penerbit Rajawali Bandung.
7.      Azhar Susanto, 2001, Pengantar Aplikasi Komputer Teori dan Praktika, Edisi Pertama, Lingga Jaya.
8.      Amsyah, Zulkifli, 2000. Manajemen Sistem Informasi 2, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
9.      Davis, Gordon, B, Sistem Informasi Manajemen : Struktur dan Pengembangannya, Terjemahan, Edisi Pertama, LPPM, dan PT. Pustaka Binamindo, Jakarta.
10.  Fitz Gerald. A.F and Stalling. W.D.J.R, 1981. Fundamental of System Analysis, Second Edition, John Wiley and Sons, New York.
11.  Handaya, Ningrat, Suwarno, Drs, 1989, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, CV. Haji Masagung, Jakarta.
12.  Jogiyanto, H.M, 1995. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
13.  Jayanto, 1999. Belajar Sendiri Aplikasi Database Dengan Delphi, PT. Elex Media Komputerindo, Jakarta.
14.  Kadir, Abdul. 2003. Dasar Pemrograman Delphi 5 (Jilid 1), Edisi II, ANDI, Yogyakarta.
15.  Kristanto, Harianto 1996, Konsep dan Perancangan Database, Penertbit Andi Offset Yogyakarta.
16.  Martina, Inge. 2003 . 36 Jam Belajar Komputer Microsoft SQL Server 2000, Elex Media Komputindo, Jakarta.






No comments:

Post a Comment